Selasa, 13 Desember 2011

Strategi Pengembangan Diri Terbaik Sebenarnya Hanyalah Ini…

Selama hampir lebih dari 10 tahun terakhir, berbagai cara, metode  dan strategi pengembangan diri muncul di permukaan secara drastis. Meskipun sebenarnya, berbagai metode dan strategi pengembangan diri ini telah ada dan kembangkan puluhan bahkan ratusan tahun yang lalu.
Dalam kurun waktu itu, berbagai metode dan strategi pengembangan diri lahir dan dikembangankan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Ribuan pakar dan guru-guru pengembangan diri terbaik muncul untuk memberikan serangkaian metode dan strategi pengembangan diri yang handal.
Jutaan buku-buku bertema pengembangan diri pun terbit, dan mengisi deretan buku-buku terlaris di rak-rak toko buku di hampir seluruh wilayah. Seminar-seminar dengan tema menggelegar tentang pengembangan diri pun diadakan tak kurang dari ratusan kali dalam sebulan. Juga Blog-blog pengembangan diri bertebaran di Internet. Semua mengajarkan tentang pengembangan diri untuk manusia.
Dari sekian banyak itu, timbullah pertanyaan besar di dalam hati kita, manakah metode pengembangan diri terbaik untuk kita? Saya tahu bahwa kita semua menginginkan yang terbaik dalam kehidupan kita masing-masing khususnya terkait pengembangan diri. Semua strategi pengembangan diri yang diajarkan oleh para guru, filsuf, buku, dan seminar itu sangatlah baik dan handal. Namun strategi pengembangan diri terbaik, sayang sekali bukan dari sana. Tapi hanya ini…
MULAI DARI DIRI SENDIRI, UNTUK MELAKUKAN KEBAIKAN-KEBAIKAN KECIL, SEKARANG!
Hanya itu! Semua strategi dan ajaran-ajaran pengembangan diri oleh para guru, buku, dan seminar tak akan ada artinya, jika tidak dimulai dengan strategi pengembangan diri ini. Inilah dan hanya inilah yang terbaik. Strategi-strategi pengembangan diri lainnya, yang handal, dahsyat, ampuh, hebat, luar biasa dan sebagainya hanyalah pendukung dan tak akan bisa menjamin keberhasilan siapapun.
Setidaknya strategi pengembangan diri terbaik, hanyalah ini! Ada 3 kata kunci utama dalam hal ini, yakni:
  1. Diri Sendiri
  2. Kebaikan-kebaikan kecil
  3. Sekarang.
Kini, tiba saatnya pilihan anda. Apakah masih ingin memusingkan diri dengan berbagai ajaran-ajaran pengembangan diri buku-buku motivasi, seminar, nasehat-nasehat para guru yang tampaknya memberatkan? Padahal pengembangan diri bukanlah hal yang sulit, tetapi super-sulit bagi orang yang menganggapnya demikian. Do it start from ourselves, on small thing, now!
By. Edward Rhidwan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar